Tugas Ruhis Smst. III
Satu. Menjalin persaudaraan adalah perkara yang wajib diamalkan di dalam islam. Orang beriman adalah saudara kita. Sebutkan ayat tentang pernyataan ini.
Jawab. Al-Hujarat: 10. QS 49: 10. إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ. Artinya. Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.Dua. Orang beriman akan merasakan manisnya dari iman tersebut. Sebutkan hadist tentang pernyataan ini.
Jawab. HR. Bukhari ke 16. ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ، مَنْ كَانَ اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُـحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلهِ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِـي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللهُ مِنْهُ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِـي النَّارِ.
Artinya. Tiga hal, barang siapa memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman. (Yaitu) menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya, mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api neraka.
Tiga. Apa itu ukhuwah? Sebutkan tahapan-tahapan dalam menjalin ukhuwah.
Jawab. Ukhuwah adalah suatu konsep didalam islam yang menyatakan bahwasannya antara satu muslim dengan muslim lainnya adalah saudara. Ada tujuh tahapan dalam mejalin ukhuwah/ persaudaraan, yaitu mengenal (ta'aruf), menyatu (ta'aluf), memahami (tafahum), perhatian (tafaqud), membantu (ta'awun), mengayomi, dan mengutamakan saudara (itsar).
Empat. Sebutkan tingakatan terendah dan tertinggi dalam berukhuwah.
Jawab. Tingkatan terendah dalam berukhuwah disebut salamatush shadr yaitu hati yang bersih. Dan tingkatan tertinggi dalam berukhuwah disebut itsar yaitu mengutamakan saudara dibanding diri sendiri.
Lima. Sebutkan hadist tentang hak sesama muslim.
Jawab. HR Muslim No 2162.
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, ia berkata Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
"Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu:
1. Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkan salam
2. Jika ia mengundangnmu maka penuhilah undangannnya
3. Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat
4. Jika ia bersin dan mengucapkan: 'Alhamdulillah' maka do'akanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu)
5. Jika ia sakit maka jenguklah dan
6. Jika ia meninggal dunia maka iringi jenazahnya"
Enam. Apa yang dimaksud dengan urgensi tarbiyah islamiyah
Jawab. Menurut KBBI, urgensi artinya penting. Tarbiyah berarti pendidikan, pendidikan dalam istilah islam. Tarbiyah islamiyah adalah metode pembinaan kepribadian muslim yang bertujuan untuk membentuk muslim ideal. Tarbiyah islamiyah adalah suatu sistem penegakan agama islam yang meliputi pendidikan dari Allah untuk Rasulnya, Pendidikan Rasul untuk umatnya, dan pendidikan dari umat untuk mengenar Rabb-Nya.
Tujuh. Sebutkan 4 sahabat Rasulullah yang bisa diambil keteladanannya menyangkut masalah tarbiyah islamiyah.
Jawab.
Satu. Abu Bakar Sidiq. Ia adalah orang selalu beriman kepada Allah, Gelar assidiq didapatkannya karena ia selalu membenarkan semua yang ada pada Rasulullah.
Dua. Umar bin Khatab. Umar bin Khatab adalah orang yang sangat memperhatikan dan mencintai rakyatnya. Salah satu keteladannya adalah ia rela mengangkut gandum dipunggungnya yang akan diberikan untuk seorang janda yang tengah memasak batu untuk membohongi anaknya yang lapar, dengan harapan anaknya tersebut kelelahan menunggu makanan masak dan bisa tertidur.
Tiga. Saad bin Abi Waqash. Adalah orang yang amanah dalam memimpin, ahli berpanah dan termasuk orang yang dikabulkan do'anya oleh Allah.
Empat. Kaab bin Malik. Keteladanan Kaab bin Malik adalah dia meminta hukuman dari Rasulullah karena lalai mempersiapkan bekal untuk menghadapi perang tabuk.
Kisah keteladanan sahabat Rasulullah tersebut mengajarkan bahwa mereka ragu beriman kepada Allah. Semua itu karena mereka faham akan tarbiyah islamiyah. Sesuai firman Allah pada Surah Al-Hujarat ayat 15
Al-Hujarat: 15.
QS 49: 15.
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ
Artinya. Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.
Delapan. Apa saja konsep dalam tarbiyah islamiyah?
Jawab.
Satu. Rabba-yarbu-tarbiyah yang berkonotasi pada pemeliharaan jasad.
Dua. Rabba-yarbi-tarbiyah yang berkonotasi pada pemerliharaan akal.
Tiga. Rabba-yu-rabbu-tarbiyah yang berkonotasi pada pemeliharaan ruh.
Sembilan. Apa tujuan adanya tarbiyah islamiyah
Jawab.
Tujuan adanya tarbiyah islamiyah yang dilakukan Nabi Muhammad adalah untuk memperbaiki kondisi manusia yang jahiliyah. Yaitu Bodoh (Al-jahlu), Hina (Al-Dzillah), Lemah (Ad-Dho'fu), dan Berpecah belah (Al-furqon).
Sepuluh. Sebutkan tahapan tarbiyah islamiyah
Jawab.
1. Membaca ayat Allah (Tilawah)
2. Mensucikan jiwa (Tazkiyah)
3. Mengajarkan alkitab atau alhikmah (ta'limul kitab wa as-sunnah)
Sesuai Ali Imran: 164.
QS 3: 164
لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آَيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
Artinya. Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-kitab dan Al-hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
Sebelas. Dengan mempelajari tarbiyah islamiyah, kita memiliki ilmu, apa keuntungan dari memiliki ilmu tersebut?
Jawab.
1. Mendapatkan petunjuk dari Allah untuk memperoleh pengetahuan
2. Sebagai harga diri
3. Merupakan salah satu kekuatan untuk manusia
4. Membuat persatuan untuk membentuk umat terbaik
5. Menjaga kemurnian islam dengan menjadikan masyarakat yang islami.
Duabelas. Sebutkan karakteristik tarbiyah islamiyah
Jawab.
1. Rabbaniyah (bertujuan kepada Rabb)
2. Syumuliyah (menyeluruh)
3. Istimrariyah (terus-menerus)
4. Akhlaqiatul Al-Washillah
Tigabelas. Sebutkan jenis- jenis tarbiyah islamiyah
Jawab.
Jenis-jenis tarbiyah islamiyah ada 9:
1. Tarbiyah imaniyah (mendidik iman)
2. Tarbiyah ruhiyah (mendidik rohani)
3. Tarbiyah fikriyah (mendidik pikiran)
4. Tarbiyah Athifiyah (mendidik perasaan)
5. Tarbiyah Khuluqiyah (mendidik akhlaq)
6. Tarbiyah Ijtimiyah (mendidik bermasyarakat)
7. Tarbiyah Iradah (mendidik cita-cita)
8. Tarbiyah Badaniah (mendidik jasmani)
9. Tarbiyah Jinsiyah (mendidik seks)
Empatbelas. Apa itu ghazwul fikri?
Jawab.
Ghazwul fikri adalah serangan pemikiran bertubi-tubi yang tersusun secara sistematik, teratur dan terancang dengan baik yang dilakukan oleh umat yang kuat terhadap umat yang lemah untuk merubah kepribadiannya sehingga menjadi pengikut umat yang kuat tersebut.
Limabelas. Kapan tercetusnya ghazwul fikri?
Jawab.
Ghazwul fikri terbentuk karena adanya peristiwa perang salib. Ghazwul fikri dimulai ketika kaum salib dikalahkan sebanyak sembilan kali dalam peperangan besar, dan mereka kalah telak oleh kaum muslim.
Enambelas. Apa tujlan dari ghazwul fikri?
Jawab.
Tujuan ghazwul fikri
1. Ifsadul Akhlak (merusak akhlak)
2. Tahtimul Fikrah (menghancurkan Fikrah)
3. Izabat As Syakhsiyah (melarutkan kepribadian)
4. Riddah (Menumbangkan akidah)
Tujuhbelas.
Jawab.
Tujuhbelas.
Jawab.
Strategi untuk melancarkan ghazwul fikri
1. Membius pandangan mata
2. Pameran aurat
3. Membudidayakan ikhtilat
4. Membudayakan khalwat
5. Membudayakan tabarruj
6. Mengalunkan nyanyian dan musik setan
7. Menyemarakkan zina
8. Mempromosikan liwath (homoseksual)
9. Menebarkan syirik
10. Tenggelam dan laghwun
Delapanbelas.
Jawab.
Delapanbelas.
Jawab.
Sarana ghazwul fikri
1. Media massa
2. Pendidikan
3. Hiburan/ Permainan
4. Olahraga
5. Wanita
Sembilanbelas.
Jawab.
Sembilanbelas.
Jawab.
Akibat dan bahaya ghazwul fikri
1. Tertipu
Faathir: 6
QS 35: 6
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ
Artinya. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.
2. Cenderung (Ar-Rukun)
QS 11: 3
3. Mencintai (Al-Mawaddah)
QS 3: 118
4. Mentaati (At-Thoha)
47: 26
5. Mengikuti tata cara hidup orang kafir (Al Ittiba') 2:120
6. Mengikuti perilaku dan penampilan mereka (menyerupai) 5:51
Satu hal yang sangat mebahayakan adalah tidak sadarnya umat islam terhadap bahaya ghazwul fikri ini.
0 coment�rios